logo
sipp-payakumbuh radius biaya perkara fb payakumbuh email-payakumbuh Foto Album Video Album

Sidang Keliling Itsbat Nikah Terpadu di Kec. Payakumbuh

Aug2017

Kategori : Berita Pa. Payakumbuh
Post By Admin Update : 04 - Aug - 2017

Payakumbuh, Juli 2017

Untuk memenuhi tuntutan PERMA Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syariah Dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta kelahiran, Selasa - Rabu 01 s/d 2 Agustus 2017 Pengadilan Agama Payakumbuh melaksanakan kegiatan sidang keliling Itsbat Nikah terpadu di Kecamatan Payakumbuh.

 

Kegiatan itsbat nikah terpadu ini berlangsung di Gedung Pertemuan Kecamatan Payakumbuh dan langsung dibuka oleh Bupati Lima Puluh Kota yang diwakili oleh Camat Kecamatan Payakumbuh yang dihadiri oleh Walinagari se Kecamatan Payakumbuh serta Peserta Sidang Keliling Itsbat Nikah Terpadu.

Bupati Limapuluh Kota dalam arahannya menyampaikan agar masyarakat memanfaatkan fasilitas Sidang Keliling Itsbat Nikah Terpadu yang diberikan oleh Negara ini. “Kegiatan ini di biayai oleh negara karena itu jangan sia-siakan”, pesan Bupati Lima Puluh Kota melalui Camat Payakumbuh.

 

Lebih lanjut Bupati Lima Puluh Kota menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan adalah dalam rangka memfasilitasi masyarakat yang memang nikahnya belum tercatat di Kantor Urusan Agama Kecamatan. Kedepan diharapkan agar masyarakat dalam melaksanakan pernikahan benar-benar mengikuti aturan negara sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974.

Saat ini Pengadilan Agama Payakumbuh telah menyelesaikan 66 pasangan suami isteri yang dahulu nikah mereka tidak tercatat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Payakumbuh. Dari data yang diperoleh di Kantor Kependudukan dan Catatn Sipil Kabupaten Limapuluh Kota masih banyak pasangan suami istri yang nikah mereka belum tecatat secara resmi di kantor Urusan Agama Kecamatan. Semoga dengan adanya kegiatan Itsbat Nikah terpadu ini bagi pasangan suami istri yang nikah mereka memang belum tercatat akan bisa memberikan solusi dalam maslah kependudukan.

 

Kepada tim IT Pengadilan Agama Payakumbuh, Ketua Pengadilan Agama Payakumbuh Drs. Lazuarman, M.Ag menyampaikan bahwa ini adalah persoalan umat yang perlu dikaji secara mendalam kenapa banyak kasus-kasus seperti ini terjadi ditengah masyarakat. Saat ini dapat dikatakan tidak ada lagi masyarakat yang tidak tahu bahwa bagi mereka yang melangsungkan pernikahan harus dicatatkan ke PPN / Kantor Urusan Agama Kecamatan setempat demi tertibnya administrasi pernikahan. Namun sampai saat ini masih banyak masyarakat yang melanggar aturan negara tersebut, karena itu perlu penelitian untuk mencarikan solusi kedepan agar kasus-kasus seperti ini tidak terjadi lagi, kata Ketua Pengadilan Agama Payakumbuh.

TIM IT PA Pyk