logo
sipp-payakumbuh radius biaya perkara fb payakumbuh email-payakumbuh Foto Album Video Album

Harta Bukanlah Segalanya (Eksekusi PA Payakumbuh Berjalan damai)

Mar2017

Kategori : Berita Pa. Payakumbuh
Post By Admin Update : 20 - Mar - 2017

Harta Bukanlah Segalanya

(Eksekusi PA Payakumbuh Berjalan damai)

Payakumbuh, Maret 2017

“Harta bukanlah segalanya” demikian Ketua Pengadilan Agama Payakumbuh Drs. Lazuarman, M.Ag menyampaikan pesan diawal pelaksanaan Eksekusi Ril Harta Bersama dalam perkara Nomor : 0259/Pdt.G/2011/PA.Pyk Di Jorong Guguk, Nagari Sungai Beringin, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota Kamis 16 Maret 2017. Lebih lanjut Ketua Pengadilan Agama Payakumbuh menegaskan bahwa harta tidak akan pernah dibawa mati, karena itu jangan gara-gara harta terputus hubungan silaturrahim sesama manusia, apalagi sesama orang orang yang dahulu pernah hidup dalam satu rumah tangga. Secara tegas Rasullullah SAW menyatakan bahwa orang yang memutus tali silaturrahim tidak akan pernah mencium baunya sorga, apalagi masuk sorga imbuh Ketua Pengadilan Agama Payakumbuh.

Pesan dan arahan yang disampaikan oleh ketua Pengadilan Agama Payakumbuh ini mengena di hati para pihak sehingga dengan kebesaran hati masing-masing pihak pelaksanaan eksekusi dapat berjalan dengan damai.

Sebelum eksekusi dilaksanakan dipagi hari Ketua Pengadilan Agama payakumbuh telah mengumpulkan tim yang terdiri dari Drs. H. Armen, S.H. (Panitera), Renol Syahputra, S.H.I (Jurusita Pengganti), Leni Pebriati, S.H.I  dan Oktariyadi, S.H.I, M.A (masing-masing sebagai saksi) di ruang Ketua. Tujuan mengumpulkan tim adalah untuk mengatur strategi agar eksekusi berjalan lancar tanpa adanya hambatan dan kerusuhan.

Memang pada waktu persidangan Aanmaning sedikit terjadi kericuhan antara Penggugat dan Tergugat bersama anak-anak, sehingga untuk mengantisipasi agar dalam pelaksanaan eksekusi tersebut tidak terjadi lagi kericuhan, maka Ketua Pengad ilan Agama Payakumbuh bersama tim mencoba mengatur strategi agar eksekusi dapat berjalan dengan lancar.

Uniknya pelaksanaan eksekusi kali ini tidak didamping oleh pihak keamanan (kepolisian) karena satu hari menjelang eksekusi akan dilaksanakan pihak polsek setempat menyerahkan masalah keamanan kepada Polres Payakumbuh. Karena itu diharapkan Pihak Pengadilan Agama Payakumbuh segera menghubungi Polres Payakumbuh.

Karena waktu yang sudah mepet apalagi para pihak dan unsur terkait telah diberitahu beberapa hari sebelumnya termasuk-anak-anak Pemohon dan termohon telah pulang dari rantau untuk menyaksikan proses eksekusi ini, akhirnya tim Pengadilan Agama Payakumbuh memutuskan bahwa eksekusi tetap dijalankan tanpa didamping oleh pihak keamanan. Dalam pelaksanaan ini pihak Pengadilan Agama Payakumbuh memaksimalkan pengamanan intern yang terdiri dari SATPAM Pengadilan Agama Payakumbuh.

Alhamdulillah berkat kepiawaian Tim dan berkat bantuan dari pihak Wali Nagari Sungai beringin pelaksanaan eksekusi ini dapat berjalan dengan baik, bahkan diwarnai dengan rasa haru diantara kedua belah pihak. Pada waktu eksekusi ini semuanya dihabiskan, yang mengemuka hanya rasa kekeluargaan yang dipatri dengan sikap saling memaafkan.

Terima kasih ya Allah, Engkau telah berikan bantuan dan hidayaMu kepada kami dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat kami.

TIM IT PA Payakumbuh